follow us

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri yang Harus Kamu Tahu

Biar Awet! Berikut

Penyebab Laptop Cepat Panas Yang Harus Kamu Tahu

Penyebab Laptop Cepat Panas - Laptop mungkin lebih banyak di gunakan untuk bekerja atau bermain game oleh orang - orang tertentu. Hal ini dikarenakan spesifikasi dan performa laptop terutama laptop gaming jauh lebih unggul dari pada smartphone. Selain itu, dengan modelnya yang portable dan dapat di bawa kemana saja, juga merupakan salah satu keunggulan dari laptop jika di bandingkan dengan PC.

Namun, hampir semua orang yang menggunakan laptop sebagai perangkat utamaya, pasti sering mengalami masalah yang sama yaitu suhu yang tinggi. Hal ini pastinya sangat mengganggu performa dari laptop dan juga kinerja dari penggunanya itu sendiri.

Jika di bandingkan dengan PC, suhu pada laptop memang lebih cepat meningkat. Hal ini dikarenakan desain laptop yang tipis dan ruang yang sempit di dalamnya, sehingga membuat sirkulasi udara menjadi kurang baik. Sedangkan pada PC dengan casing dan desain yang lebih besar, sehingga mempunyai jalur sirkulasi udara yang lebih luas dan lebih lancar.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa Laptop lebih cepat panas jika di bandingkan dengan PC

Sirkulasi udara yang kurang lancar memang menjadi penyebab utama meningkatnya suhu pada laptop. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab laptop cepat panas. Diantaranya :

Penyebab Laptop Panas dan Mati Sendiri




1.Posisi Laptop Yang Kurang Tepat

Jika di perhatikan, terdapat kaki - kaki kecil di bagian bawah laptop yang terbuat dari karet. Selain untuk menahan laptop agar tidak mudah bergerak pada saat di gunakan, kaki - kaki ini juga memiliki fungsi untuk menahan agar posisi laptop lebih tinggi dari permukaan meja. Sehingga, udara panas yang di hasilkan dari dalam laptop akan keluar dari sela - sela bodylaptop dengan lebih lancar.

Umumnya, kita sering menggunakan laptop di atas permukaan benda empuk seperti bantal atau di atas kasur. Hal inilah yang dapat menyebabkan suhu laptop meningkat dengan cepat. Dengan permukaan bantal atau kasur yang empuk, kaki - kaki kecil yang ada di bagian bawah laptop tidak dapat menahan posisi laptop dengan baik. Sehingga sirkulasi udara yang seharusnya keluar dari bagian bawah laptop menjadi tertahan dan suhu panas yang keluar dari laptop menjadi terhisap oleh kasur atau bantal.

2.Kipas Pendingin Yang Tidak Bekerja

Kipas pendingin yang tidak bekerja dengan baik merupakan salah satu masalah teknis yang paling sering di alami oleh para pengguna laptop. Umumnya hal ini di sebabkan karena adanya masalah pada kabel sambungan kipas, terdapat benda yang mengganjal kipas, atau kipas yang patah karena terbanting.
Jika kipas pendingin tidak dapat bekerja dengan baik, pastinya udara panas di dalam laptop tidak dapat keluar dengan lancar. Hal inilah yang menyebabkan meningkatnya suhu pada bagian bawah laptop. Jika tidak segera di perbaiki, debu dan kotoran lain akan menumpuk di bagian dalam laptop dan dapat menyebabkan tertutupnya lubang - lubang sirkulasi udara pada laptop.

3.Penggunaan Secara Berlebihan

Sering kali kita lupa waktu pada saat sedang menggunakan laptop. Terutama jika kita sedang bermain game atau menonton film menggunakan laptop tersebut. Meskipun hampir semua laptop yang di jual sudah memiliki kipas pendingin yang dapat mencegah laptop menjadi panas, namun penggunaan laptop secara berlebihan tetap akan membuat suhu pada laptop menjadi panas.

Semakin lama kita menggunakan laptop, maka semakin banyak aplikasi dan software - software yang bekerja di latar belakang. Sehingga laptop akan bekerja semakin berat setiap waktunya. Selain dapat membuat laptop menjadi cepat panas, pemakaian laptop secara berlebihan juga dapat menyebabkan turunnya peformalaptop secara drastis.

4. Paste Thermal Kering

Salah satu komponen dalam rangkaian pernagkat CPU laptop adalah processor. Pada processor inilah ada bagian yang mana bentuk dan teksturnya miip seperti gel. Nah, gel inilah yang disebu dengan Paste Thermal. Fungsi utama paste thermal adalah untuk penyerapan suhu panas yang keluar dari processor. Kalau kamu baru saja membeli laptopnya, pasti paste thermal yang ada pada bagian processornya masih banyak. Tapi, setelah pemakaian beberapa lamanya, maka paste thermal yang ada pada processor akan mulai kering. Efeknya, processor akan menjadi cepat panas bahkan overheat, karena tak ada lagi gel yang membantu proses reduksi suhu panasnya.

5. Debu yang Menumpuk

Bayangkan saja jika dalam kamarmu yangs empit itu terdapat banyak sekali sampah yang menumpuk dan berserakan, tentu kamu yang di dalamnya juga akan merasa pengap. Begitu juga komponen yang ada dalam rangkaian perangkat laptop. Jika di dalam cassing terdapat banyak sekali debu yang menumpuk, maka ini juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop cepat panas. Terutama adalah debu yang menumpuk di bagian chipset. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kamu coba membersihkannya secara rutin.

Penutup

Itulah tadi sobat pembaca! Sedikit share dari kami tentang penyebab laptop ceapt panas. Kalau kebetulan kamu mengalaminya, coba cek kondisi laptop kamu sekarang. Siapa tahu salah satu atau salah dua dari poin diatas adalah yang menyebabkan laptop kamu menjadi cepat panas. Jangan tunggu sampai rusak ya!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar