follow us

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Sistem UI Android Berhenti

Mengatasi Sistem UI Android Berhenti ( Unfortunately, System UI has stopped ) – Masalah yang cukup sering dialami oleh para pengguna android adalah salah satu kesalahan yang terjadi pada Sistem UI Android. Kendala satu ini dianggap cukup menganggu, karena jika itu terjadi maka perangkat android tidak akan bekerja dengan optimal. Yang paling menjengkelkan ketika masalah kerusakan sistem UI ini terjadi pada smartphone android kita adalah tertutupnya akses menuju ke menu utama, yang mana ketika kita membuka menu pasti tampilannya akan blank tidak terlihat ikon-ikon aplikasi yang terpasang, lalu muncul notifikasi ”Sayangnya sndroid system UI telah berhenti”. Lalu, bagaimana cara mengatasi sistem UI android berhenti seperti yang disebutkan diatas?

Simak ulasan kami berikut ini!



Mengatasi “Sayangnya Android Sistem UI Telah Berhenti”

Kondisi seperti ini baru saja dialami oleh penulis sendiri, dimana perangkat smartphone android Asus Zenfone Go mengalami kegagalan sistem UI yang menyebabkan munculnya notifikasi serupa bahkan ketika HP baru dinyalakan. Meskipun pemberitahuan tadi bisa diclose dengan menekan tombol oke yang ada di pojok kanan bawah kolom notifikasi, namun peringatan tersebut akan terus muncul beberapa saat kemudian. Fungsi android pun macet, tidak bisa digunakan sama sekali kecuali hanya bisa untuk membuka panggilan darurat melalui akses cepat saat layar terkunci.

Ketika mengalami masalah tersebut penulis lalu mencari informasi tentang apa sih sebenarnya android sitem UI itu? Nah, dari hasil pencarian, berikut ini penjelasan singkat mengenai sistem UI pada firmware android.

Sistem UI Adalah…

Sebuah sistem yang memiliki fungsi penuh dalam pengaturan tampilan sebuah perangkat android. Sistem UI ini bisa juga disebut sistem antar muka atau sistem user interface. Sistem inilah yang bertugas mengendalikan berbagai macam data yang outputnya akan ditampilkan melalui layar android.


Segala hal yang berkaitan dengan tampilan android seperti tema, launcher, ikon, tatanan menu, widget, status bar, hingga font semuanya berkaitan dengan android sistem UI ini. Oleh karena itulah, jia sistem UI pada sebuah perangkat mengalami gangguan, perangkat tersebut tidak akan bisa menampilkan fitur-fitur seperti yang disebutkan diatas. Padahal fitur itu adalah satu-satunya akses agar kita bisa memfungsikan android sebagaimana mestinya.

Penyebab Terjadinya Error Sistem UI Android

Kesalahan/kerusakan sistem UI ini bisa terjadi pada semua jenis android dari vendor dan versi apapun. Penulis sendri telah beberapa kali mengalami hal serupa yang terjadi pada perangkat android Oppo, Lenovo, Vivo, Andromax, Samsung Galaxy, hingga yang terbaru kali ini adalah Asus Zenfone Go. Dari sekian banyak jenis HP diatas, yang paling sering mengalami masalah gangguan sistem UI ini biasanya adalah perangkat Samsung Galaxy dan berbagai macam type HP Andromax.

Apa yang salah dengan kedua perangkat tersebut? Sebenarnya tidak ada yang slah dengan samsung galaxy maupun Andromax. Justru karena smartphone ini memiliki kelebihan dibanding yang lain, hingga terkadang kelebihan tersebut menjadi boomerang yang menyebabkan timbulnya berbagai macam gangguan. Kelebihan dari kedua perangkat itu sendiri adalah karena kemudahan utnuk mengoprek baik dari segi tema, launcher, bahkan hingga custom rom. Nah, karena aktivitas modifikasi kurang tepat inilah yang biasanya menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah sistem UI android.

Tapi jangan khawatir, berikut ini telah kami bagikan untuk para sobat pembaca beberapa cara ampuh untuk mengatasi android sistem UI berhenti.


Cara Memperbaiki Android Sistem UI Berhenti


Menurut pengalaman penulis, setidaknya ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki sistem user interface android atau sistem UI yang rusak atau corrupt. Pada beberapa kondisi tertentu, metode yang akan penulis bagikan ini telah terbukti work untuk mengatasi sistem UI android yang berhenti. Baca selengkapnya, di bawah ini.

1. Masuk Mode Aman Android

Cara pertama ini cocok untuk kalian lakukan sebagai pertolongan pertama android yang mengalami kerusakan sistem user interface. Begini langkah-langkahnya.

Langkah pertama, Matikan dahulu perangkat android kalian. untuk melakukan booting pada sitem safe mode.

Tekan tombol power pada perangkat android untuk menyalakan kembali perangkat android kalian.

Setelah ponsel android menyala dan proses booting berjalan dengan tanda logo yang sudah muncul, tekan dan tahan kombinasi tomvol volume up dan volume down. Pada tahap ini mungkin akan ada sedikit perbedaan untuk masing-masing versi android. Coba satu persatu baik dengan hanya menekan volume up saja saat logo muncul, atau volu down saja, atau kedua-duanya secara bersamaan. Tapi untuk perangkat android versi 4.1 keatas biasanya menu reboot with safe mode ini sudah tersedia pada menu popup yyang muncul ketika kalian akan mematikan perangkat.

Setelah itu, tunggu proses booting berjalan. Dan ketika HP android sudah menyala di mode man, perhatikan apakah maslaah tersebut masih terjadi. Jika tidak terjadi, coba ingat-ingat aplikasi apa yang terkahir kalian install, mungkin itu adalah penyebab terjadi gangguan pada sistem user interface.

2. Factory Reset via Recovery mode

Matikan perangkat android. Nyalakan kembali dengan masuk ke recovery mode. Caranya adalah dengan menekan tombol power + volume down/power + volume up/power + vomule up + down. Coba satu persatu mana yang cocok dengan perangkat kalian.

Setelah menu Recovery Mode terbuka, pilih pada opsi menu Factory Reset/Wipe Data.Tekan Yes untuk mengkonfirmasi perintah penghapusan data sistem sndroid.

Jika sudah muncul notifikasi wipe data complete, kembali ke menu utama lalu pilih Reboot System untuk merestart HP.

Selesai.

Dengan cara kedua ini, perangkat android akan kembali seperti baru. Coba perhatikan, apakah masalah android sitem UI berhenti masih terjadi. Jika ternyata masih sama atau tidak ngefek, itu tandanya ada file yang corrupt di sistem firmware android kalian. Nah, untuk mengatasinya kalian bisa lanjut ke cara ketiga, yakni dengan melakukan teknik Flash smartphone android.

3. Install Ulang Firmware/flashing

Sebenarnya, kalian bisa cukup mendownload file sistem UI saja untuk menggantikan file sistem lama yang telah usang. Tapi cara ini terbilang kurang efisien, daripada hanya download dan install file sistem UI baru yang belum tentu cocok, lebih baik sekalian ganti saja firmwarenya dengan stockrom baru.

Teknik install ulang firmware ini biasanya juga disebut dengan teknik flashing android. Jadi sebelumnya kalian harus mencari file firmware atau stock rom yang cocok dulu untuk perangkat android kalian, misalakan kalian menggunakan Andromax ES, maka carilah juga file stock rom khusus untuk andromax ES yang banyak tersedia di internet.

Setelah file stock rom sudah siap, tinggal kalian melakukan teknik flash hp android. Caranya hampir sama dengan reset pabrik. Jadi kalian harus masuk ke recovery mode, lalu hapus semua data dahulu. Setelah itu masuk ke menu install, pilih file stock rom yang tersimpan di sd card. Lalu klik Install, tunggu proses hingga selesai. DONE.

Perlu kalian tahu, cara mengatasi masalah sistem UI android berhenti yang terkahir ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena jika kurang teliti justru akan menimbulkan masalah baru untuk perangkat kalian. Maka dari itu, jika kalian ragu-ragu lebih baik bawa saja HP kalian ke tempat service terdekat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar