follow us

9 Bagian Smartphone Yang Gampang Rusak

Bagian Dari Smartphone Yang Mudah Rusak – Perawatan yang baik terkadang bukanlah satu jaminan untuk membuat smartphone milik kalian terhindar dari resiko kerusakan. Apalagi smartphone yang perawatannya asal-asalan. Hanya dipakai terus tiap hari, tapi perawatan baik untuk hardware maupun software disepelekan. Lalu, kalau rusak nyalahin vendornya, yang hp gak awet lah, iklan menipu lah, dll. Maka dari itu, agar terhindar dari semua kondisi tersebut hendaknya kalian mengetahui tetang beberapa bagian smartphone yang mudah rusak, dengan demikian kalian akan bisa lebih berhati-hati.

Sudah menjadi hal yang umum, bahwa fungsi smartphone bagi masyarakat saat ini sangat lah penting bahkan bisa dikatakan bahwa teknologi smartphone sudah menjadi satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Tak peduli strata sosial, jengang usia, dan apapun pekerjaannya smartphone manjadi satu alat yang terus dibawa kemanapun mereka berada. Maka sudah tak aneh pula jika smartphone suatu saat mengalami kerusakan, karena memang tak pernah berhenti digunakan.



Berikut ini adalah 9 bagian dari smartphone yang mudah rusak. Harus kalian ketahui masalah ini agar suatu saat tidak kecewa apalagi kebingungan karena smartphone tidak bisa digunakan.

9 Bagian Smartphone yang Gampang Rusak

1. Layar

Bagian ini termasuk salah satu dari beberapa komponen luar smartphone yang sangat riskan mengalami kerusakan, baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar (parah). Kerusakan kecil yang sering terjadi pada layar smartphone umumnya disebabkan karena terjadi goresan pada layar, baik karena benda tajam ataupun karena smartphone terjatuh. Hal sepele pun sangat sering menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan layar. Seperti ketika kita menggunakan smartphone saat akan pergi tidur, dan kelupaan untuk meletakkan smartphone di tempat yang aman. Maka yang terjadi adalah tak sengaja smartphone tertindih, yang akan menyebabkan layar pecah.

2. LCD

LCD atau Liquid Crystal Display adalah salah satu bagian terpenting pada smartphone, dimana tanpa adanya LCD maka tampilan dari smartphone itu sendiri tak akan bisa sampai ke mata kita. Pada teknologi smartphone saat ini yang memakai fitur touch screen, LCD juga merupakan satu kompone yang saling terkait. LCD termasuk salah satu bagian yang rentan terjadi kerusakan. Umumnya kerusakan bisa terjadi karena prangkat smartpone terjatuh atau tertindih barang lainnya.


3.Lubang Cas/Charger Port

Kerusakan yang terjadi pada port chrger ini juga sangat sering dialami oleh para pengguna smartphone, umunya karena ketidak hati-hatian para user ketika melepas kabel charger usb. Karena sering ditarik paksa, tanpa memperhatikan teknik yang semestinya maka yang terjadi adalah terputusnya komponen yang ada pada port charger tersebut. Ini adalah satu tindakan yang selalu diabaikan oleh para pengguna smartphone apapun jenisnya. Padahal kalau port charger ini sampai rusak, maka arus listrik tak akan bisa mengisi daya batrei, solusi yang bisa dilakukan hanyalah dengan menggunakan charger dekstop. Cara ini terkenal sangat ribet, karena untuk mengecas batrei kita harus melepas baterei tersebut dari perangkat smartphonenya.

Selain kebiasaan mencabut paksa kabel usb charger, bagian ini juga sangat rawan kemasukan kotoran dari luar seperti debu, dan sebagainya. Bahkan sering juga terjadi air masuk melalui lubang port charger yang akhirnya menyebabkan konsleting.

4. Baterai

Sama port chargernya, sama juga baterainya. Dari kerusakan yang sebelumnya disebutkan, kerusakan pada baterai ini termasuk yang paling banyak terjadi. Merawat baterai smartphone sebnarnya bukanlah satu perkara yang sulit, tapi juga tak gampang sekali. Tidak mengecas baterai sampai penuh juga akan menjadi penyebab gangguan. Begitupun sebaliknya, terlalu lama mengecas smartphone juga akan menimbulkan masalah pada baterai. Tapi, yang paling penting untuk diperhatikan adalah jangan sampai kalian menggunakan smartphone sambil dicas.

Kerusakan pada smartphone biasanya akan menyebabkan penurunan daya baterai secara drastis yang ditandai dengan fisik baterai melembung/kembung/membesar, power baterai cepat sekali habis/boros, ketika dicas akan membutuhkan waktu yang lama hingga terisi penuh, indikator baterai yang tidak sesuai dengan daya baterai sebenarnya.

5. Tombol

Sama seperti lainnya, tombol pada smartphone adalah satu bagian yang rawan rusak dari sebuah smartphone. Tombol pada smartphone sendiri ada dua jenis yang berbeda, satu jneis tombol fisik, jenis yang kedua adalah tombol yang terkait langsung dengan layar dan touchscreen smartphone. Tombol fisik umumnya memiliki fungsi untuk power on/off smartphone dan juga tombol volume, sedangkan tombol terkait dengan touchscreen adalah tombol menu home dan back yang terletak pada layar smartphone model sentuh.

Tombol fisik ini seringkali rusak karena banyaknya kotoran yang masuk melalui sela-sela tombol, atau ketika kita sering menekan tombol tersebut dengan tidak hati-hati atau cenderung keras. Akibatnya tombol tersebut akan macet dan tak bisa digunakan. Untuk menghindari kerusakan ini terjadi, kalian harus lebih berhati-hati lagi saat menggunakannya, atau bisa juga kalian mengurangi aktivitas penggunaan tombol tersebut dengan menggunakan alternatif tombol dari aplikasi yang memiliki fungsi sama.

6. Port Sim Card

Bagian smartphone yang gampang rusak selanjutnya adalah lubang untuk memasukkan kartu sim atau kartu nomor provider. Penyebab yang sering menjadi pemicu timbulnya kerusakan pada port sim card adalah karena kebiasan sering mencopot dan memasang kartu sim secara berlebihan. Ativitas bongkar pasang ini terkadang akan membuat tembaga yang terdapat pada port sim card lecet dan rusak, sehingga membuat kartu tidak bisa terdeteksi oleh perangkat.

7. Port Headset

Sama seperti lubang charger, port untuk menghubungkan perangkat headset dengan smartphone melalui kabel dengan jack audio ini sangat sering sekali mengalami kerusakan. Penyebabnya adalah karena jack pada headset terlalu keras ketika memasukkannya atau juga karena banyak kotoran yang masuk, begitupun juga dengan gangguan akibat air yang menimbulkan konsleting. Bahkan jika konsleting ini terjadi, bukan hanya bagian port headset itu sendiri yang akan rusak, tapi kerusakan bisa menjalar kemana-mana hingga ke komponen yang berhubungan langsung dengan sistem android.

8. Kamera

Gangguan pada kamera ini jarang terjadi karena kerusakan fisik. Itu karena letak kamera yang melekat pada body smartphone dan dilengkapi dengan perlindungan yang lumayan rapat. Tapi, tak menutup kemungkinan terjadi  kerusakan pada kamera, penyebabnya adalah dari kegagalan sistem pada smartphone.

9. Body/Cassing Smartphone

Cassing adalah bagian yang paling luar dari sebuah perangkat smartphone. bagian ini termasuk yang juga sering mengalami kerusakan, penyebab yang paling umum terjadi adalah karena terjatuh. Untuk mengatasinya kalian bisa menambahkan pelindung cassing berbahan elastis pada smartphone kalian, hal ini sangat penitng untuk mengurangi benturan pada saat smartphone terjatuh.

Nah, itulah tadi sobat pembaca yang perlu kalian tahu tentang 9 bagian smartphone yang mudah rusak. Agar smartphone kalian awet, rawat baik-baik dan jangan sampai kerusakan pada 9 bagian tersebut kalian alami. Semoga artikel ini membantu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar