follow us

Fitur Keren Android Oreo Yang Perlu Kamu Tahu



Fitur Keren Android Oreo. Sejak kemunculannya, sistem operasi android memang terus mengalami perkembangan. Dari versi pertamanya, yang hingga kini bahkan telah sampai di versi android yang ke 8.0, yang biasa disebut dengan nama versi android Oreo. Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui seluk beluk tentang versi terbaru dari si robot hijau ini. Apa saja fitur menarik android oreo? Apa kelebihan android oreo dibandingkan dengan versi sebelumnya? Kita akan ulas semuanya di artikel kali ini. Simak selengkapnya.

Sebagai anak paling baru yang memiliki segudang kelebihan, android oreo memang menarik untuk kita bahas. Karena, ternyata banyak orang yang telah menggunakan perangkat android denagn sistem operasi versi terbaru ini, namun mereka belum ngeh apa keunggulannya dibanding yang versi dibawahnya. Jika demikian, tentu perangkat android tidak akan dapat digunakan secara maksimal, karena ketidak tahuan para penggunananya.

Nah, tak usah berlama-lama lagi, mari langsung saja kita bahas bersama!

Fitur Menarik Android Oreo

1. Fitur Fingerprint Scanner Gesture


Kalian pasti masih belum tahu tentang fitur keren satu ini kan? Fitur fingerprint scanner gesture ini dihadirkan pada versi terbaru sistem operasi android, untuk semakin menciptakan kemudahan bagi para pengguna smartphone versi ini. Dengan fitur fingerprint  ini, kita bisa membuka satu aplikasi tanpa harus mengakses menu home aplikasi serta mencarinya dulu. Jadi hampir mirip dengan shortcut, kalian hanya perlu mengarahkan jari atau menggesekkannya tepat pada bagian sensor jari ke atas kebawah atau kesamping kiri dan kanan. Sebelumnya kalian bisa mengatur aplikasi mana saja yang akan dibuatkan akses cepatnya. Selain itu, kalian juga bisa mengatur arah scroll aplikasi browser tanpa menggunakan layar android lho!

2. Snooze Individual Notifications


Nah, fitur satu ini cocok banget buat kalian yang super sibuk + sedikit pelupa. Snooze Individual Notifications adalah fitur terbaru dari platform android versi Oreo, yang mana denagn fitur ini kalian bisa menahan notifikasi apapun dan memngulangi pada waktu tertentu sesuai settingan yang kalian buat. Contohnya begini, kalian sedang berada dijalan lalu ada notifikasi pesan yang masuk, nah karena kalian belum sempat untuk membuka dan membuat balasan untuk pesan tersebut kalian bisa mengulangi notifikasi tersebut beberapa menit kemudia. Ini untuk mencegah agar kalian tidak lupa dengan notifikasi yang tadi masuk waktu kalian masih sibuk. Cara untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah, dan bisa kalian lakukan dalam kondisi apapun. Ketika ada pemberitahuan yang masuk, pada menu bar tempat dimana notifikasi itu muncul tarik kebawah hingga muncul batasan waktu untuk menssetting ulang notifikasi.

3. File Manager


Apa bedanya dengan versi sebelumnya? Perbedaan yang sangat mencolok adalah, tampilan dari file manager di android versi oreo ini telrihat lebih user friendly, mudah digunakan, dan strukturnya terlihat sangat rapi.

4. Picture in Picture

Mirip dengan ftur yang ada di versi sebelumnya, yakni split screen. Tapi bedanya, fitur satu ini dikhususkan untuk meminimize tampilan video, seperti fungsi yang ada di PC/laptop. Tentu fitur ini kan sangat memudahkan para pengguna yang ingin melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan, terutama aktivitas menonton video, youtube, dll sambil membalas pesan chat yang masuk, browsing, atau aktivitas-aktivitas lainnya. Layar dari video yang di minimize akan nampak melayang di antar muka layar. Kalian bisa menggeser, atau memindah tempat popup video tersebut sesuka hati kalian.

5. Turn On Wifi Automatically


Fitur android Oreo yang tak kalah keren selanjutnya adalah fitur pengaktifan wifi secara otomatis ini. Penggunaan fitur ini adalah ketika kalian biasa menggunakan wifi disuatu tempat, saat diluar jangkauan wifi tersebut katakanlah wifi tidak kalian aktifkan. Nah, sesampainya di tempat yang biasa perangkat kalian terhubung wifi, maka fitur ini akan melakukan scanning otomatis, dan menyalakan wifi tanp[a harus kalian sendiri yang mengaktifkannya secara manual.

6. Adaptive Icons


Fitur satu ini dibuat khusus untuk memanjakan mata para user android yang suka mengotak-atik tampilan perangkat androidnya. Dengan adanya fitur terbaru Adaptive Icons kalian bisa mengubah bentuk-bentuk Icons aplikasi dalam perangkat android kalian, denagn settingan sesuka hati. Cara untuk menggunakan fitur ini tidaklah sulit, kalian hanya perlu mengklik + tahan menu home , sampai muncul tombol setting. Klik pada menu tersebut, selanjutnya silahkan kalian klik pada bagian Change icon shape. Pilih bentuk icon mana yang kalian sukai.

7. Dot Notifications


Nah, yang satu ini juga cukup menarik! Notifikasi ini sangat berguna untuk mengingatkan kita jika ada pemberitahuan dari pesan atau apapun yang belum kita buka sebelumnya. Biasanya fitur ini akan memunculkan titik pada bagian icon aplikasi yang memiliki pemberitahuan/notifikasi. Misal kalian melewatkan pesan Whatsapp yang belum dibaca, maka kalian akan melihat tanda lingkaran kecil/dot/titik/signal pada ikon aplikasi Whatsapp tersebut. Tak perlu melakukan penyettingan untuk mengaktifkan fitur ini. Karena fitur notification dot  ini sudah tersedia sejak awal.

8. Wifi Aware


Fungsi dari fitur satu ini adalah untuk mengirimkan data, atau mentransfer file dari perangkat kita ke perangkat android orang lain. Hampir sama dengan shareit, tapi Wifi Aware atau yang juga biasa disebut Neightborhood Aware Networking ini memiliki kelebihan yakni tak perlu kita mendownload aplikasi tambahan untuk menggunakannya. Karena pada dasarnya fitur ini sudah terpasang secara default di perangkat android O.

9. Auto Fill


Belum tahu auto fill ? Auto fill adalah sistem dimana perangkat akan menyimpan password login dan username kita untuk akses cepat ketika akan masuk ke akun tertentu.  Seperti halnya fitur yang ada di aplikasi Chrome tapi sekarang android versi Oreo telah dilengkapi sendiri dengan fitur tersebut.

10. Restricted Background activities


Fitur satu ini sangat berguna untuk menghemat daya baterai serta RAM pada perangkat android kita. Yang mana seperti kita tahu bahwa aplikasi yang tidak terpakai terkadang tetap berjalan di latar belakang android, nah denagn fitur satu ini, perangkat akan otomastis melakukan pembatasan. Sehingga aplikasi yang sedang tidak digunakan di layar utama akan otomatis terhenti.

11. Fast Booting


Perbedaan yang sangat menguntungkan pada android O lainnya adalah kecepatan bootingnya yang wow sekali! Ketika kalian merestart atau menyalakan kembali perangkat android setelah dimatikan, android akan melakukan booting dengan proses loading yang sangat cepat, bahkan hanya beberapa detik saja! Hebat bukan?

Nah, itulah tadi beberapa fitur menarik android Oreo yang perlu kalian ketahui! Semakin baru versinya, semakin banyak fitur-fitur canggih yang disematkan. Jadi penasaran. Kira-kira fitur apa lagi yang akan dibuat untuk perangkat android dengan sistem operasi diatas versi Oreo ini? Kalian sudah tahu bocorannya? Share di kolom komentar ya!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar