follow us

Faktor Penyebab Nilai Klik Iklan Adsense Rendah


Faktor Penyebab Nilai Klik Iklan Adsense Rendah. ahirnya setelah lama tidak mijitin keyboard alias posting artikel, sekarang alhamdulillah sudah kembali lagi bisa pijit-pijit tombol keyboard hehe.

kira kira ada yang penasaran gak ya kenapa saya lama gak posting? tapi saya rasa sih gak ada deh ya? wah gimana mau ada yang penasaran, orang blog aja minim visitor haha tepok jidat dulu ah.

tapi bodo amat emang saya pikirin, kali aja ada tuyul yang setia nongkrongin blog ini hehehe. tapi gak ada salahnya saya ceritakan dikit kenapa dalam seminggu ini saya jarang update postingan.

jadi begini kawan, kemaren itu saya lagi dibikin pusing sama GA. biaya klik yang saya dapat cuma berkisar 80 perak perkliknya. banyangin saja perkliknya gak nyampek gopek alias 500 rupiah.

nah dari situ saya mulai utak atik tata letak iklan dan tanya-tanya para kakek nenek alias senior GA. dan alhasil dari beberapa referensi, saya praktekkan dan alhamdulillah ada peningkatan seperti gambar diatas.

 dan kali ini saya ingin membagikan ilmu yang sudah saya dapat tadi kepada kalian yang juga senasib dengan saya dan belum menemukan solusi permasalahannya.

baiklah kawan langsung saja kita bahas beberapa faktor yang menyebabkan nilai klik iklan adsense rendah di blog kalian.

  1. pemilihan unit iklan
  2. jumlah iklan yang dipasang
  3. pencekalan terhadap iklan/ filter iklan
  4. bermain cendol alis BW + klik iklan
  5. visitor unorganik
  6. iklan relevan

Pemilihan Unit Iklan Yang Sukses Meningkatkan BPK/CPC 

 

pada point pertama ini kalian harus benar benar paham, karena sekalipun google adsense menyediakan begitu banyak pilihan  tampilan iklan dan ukurannya, tapi tidak semua jenis iklan menghasilkan nilai klik yang besar.

hal ini sebenarnya bukan dikarenakan iklannya, tapi dikarenakan kebanyakan pengiklan lebih suka dengan ukuran iklan tertentu saja. seperti yang telah dituliskan oleh adsense support bahwa pengiklan cenderung suka dengan ukuran iklan dibawah ini

720x90, 336x280, 160x600 dan spanduk selular 320x100

sehingga jika kalian memasang unit iklan berukuran selain diatas maka iklan yang akan tayang terbatas, karena pengiklan sendiri cenderung menggunakan ukuran iklan diatas. masuk akal bukan? oke lanjut

dan google adsense juga menyarankan untuk memilih jenis iklan gambar dan text. walaupun ada pilihan hanya iklan gambar atau hanya text, tapi yang disarankan agar memilih tipe gambar dan text. kenapa?

karena jika kalian hanya memilih iklan jenis gambar saja atau text saja, maka iklan yang akan tayang sedikit stoknya. sedangkan jika kalian pilih tipe gambar dan text maka seandainya stok iklan gambar tidak ada maka masih ada stok iklan text dan sebaliknya. paham kan? oke lanjut

selain itu jangan menggunakan ukuran iklan kecil seperti 250x250 dan yang lainnya. ini akan mengakibatkan iklan yang lebih besar dari ukuran itu tidak bisa ditampilkan, tapi jika yang kalian pasang iklan ukuran 336x280 maka iklan yang kecil seperti 250x250 masih bisa tampil.

dan yang menurut saya juga tidak kalah pentingnya adalah pemilihan jenis iklannya, iklan konten, iklan tautan, iklan in feed atau iklan in artikle.

usahakan memasang iklan yang berfariasi. jika kalian sudah memasang iklan ukuran 336x280 maka jangan memasang ukuran yang sama karena ini mempengaruhi seleksi/lelang iklan itu sendiri.

saya berikan contoh, seandainya ada 2 pengiklan dengan pilihan iklan berukuran 336x280. dan kalian sebagai pemilik blog yang akan dipasangi iklan menyediakan space iklan berukuran 336x280 sebanyak 2 space/tempat.

maka tidak akan ada lelang iklan dengan kondisi diatas, karena tanpa berebut mereka sudah mendapat jatah tempat iklan masing masing berukuran 336x280.

tapi jika space iklan yang kalian sediakan hanya satu yang berukuran 336x280 dan yang lainnya ukuran berbeda, maka akan terjadi lelang iklan antara dua pengiklan tadi. yang mana yang berani membayar lebih mahal akan terpasang iklannya. nah inilah yang menjadikan nilai klik iklan besar.

sampai disini semoga sudah paham ya, jadi usahakan jangan memasang unit iklan dengan ukuran yang sama lebih dari satu. yang belum tau macam-macam iklan adsense bisa dibaca dibawah ini

Baca Juga:  Mengenal Macam Macam Iklan Google Adsense 

Jumlah Ideal Iklan Adsense Dalam Satu Halaman

 

untuk point kedua ini sangat sangat penting untuk dipraktekkan, ini kaitannya dengan lelang iklan. perlu diketahui bahwa setiap iklan yang tampil di blog, tidaklah serta merta langsung nongol begitu saja tapi ada seleksi iklan yang dinamakan lelang iklan gampangnya.

semakin banyak kalian memasang iklan maka peluang terjadinya lelang iklan akan rendah yang berakibat nilai klik iklan juga akan rendah.

contoh, ada 30 pemasang iklan dan kalian memiliki blog dengan space iklan sebanyak 10 tempat. maka jika di rata-rata setiap 1 space iklan diperebutkan oleh 3 orang saja.

contoh kedua, ada 30 pemasang iklan dan blog anda menyediakan space iklan sebanyak 3 tempat. berati jika dirata-rata setiap 1 space iklan diperebutkan oleh 10 orang. nah dari kedua contoh ini kira kira yang terjadi lelang sengit yang mana? sudah bisa menebak bukan?

maka dari itu semakin sedikit space iklan di blog kita maka iklan yang nongol adalah iklan yang mahal alias iklan yang berhasil memenangkan lelang tadi.

namun ada kelebihan dan kekurangannya dari cara diatas, adapun kelebihan dan kekurangannya adalah
  • memasang iklan banyak dalam satu halaman blog bisa berpotensi menaikkan klik iklan kalian. tapi dengan resiko nilai klik sangat kecil
  • memasang iklan sedikit dalam satu halaman berdampak menurunnya jumlah klik iklan, namun harga klik mahal.
maka disini kalian sendirilah yang bisa memutuskan mana yang terbaik buat kalian, tentunya buat penghasilan iklan adsense kalian.

sedangkan untuk ideal jumlah iklan yang dipraktekkan oleh para senior GA adalah 3-4 unit iklan dalam satu halaman blog. terdiri dari 300x300 ditaruh di bawah judul, 336x280 ditaruh diakhir postingan, 720x90 ditaruh di header atas blog dan  300x600 di sidebar samping.

Hindari Melakukan Pencekalan/Filter Terhadap Iklan Tertentu

 

biasanya cara yang satu ini sering dilakukan oleh para publisher yang tidak ingin menampilkan iklan tertentu di blognya, kenapa? ada beberapa alasan. adapun alasan yang paling umum karena iklan yang dicekal membayar murah untuk kliknya dan alasan lain karena iklan berbau porn* dan yang aneh aneh.

sehingga karena saking pelitnya pengiklan tadi sama pemilik blog dicekal agar tidak tayang lagi. padahal cara seperti itu tidak membuahkan hasil. secara logika memang iklan murah tidak akan tampil lagi. tapi dibalik itu ada dampak lain yang timbul yang justru membuat klik iklan jadi murah meriah.

masih binging? oke lanjut

denga mencekal iklan tertentu maka akan mengurangi stok iklan yang akan ikut lelang seperti penjelasan saya diatas tadi. dengan sedikitnya iklan yang ikut lelang otomatis klik iklannya juga akan kecil karena tidak ada persaingan ketat antara sesama calon pemasang iklan.

lantas bagaimana? biarkan saja iklan apapun yang ada, jangan pernah mencekal iklan. karena kita tidak tau ada berapa stok iklan yang tersedia dan kita tidak tau iklan apa aja yang akan muncul. justru dengan banyaknya stok iklan akan berpeluang terjadi lelang sengit hehe.

Terlalu Sering BW/ Blog Walking Dan Klik Iklan

 

biasanya para pemain blog menjulukinya bermain cendol. maksudnya kita meminta teman blog lain untuk bermain ke blog kita dan sekaligus untuk klik iklan yang ada di blog kita.

tentu saja secara logika ini cara yang melanggar dan saya rasa juga tidak halal hehe.

kok tidak halal? iya karena bermain curang adalah cara yang tidak disarankan oleh pemilik akal sehat dan agama apapun kan?

dengan adanya aktifitas cendol cendolan ini atau klik iklan tidak resmi ini maka tentu google adsense akan mencurigainya dan bahkan akan menganggap sebagai klik tidak valid/ klik mencurigakan.

terlalu sering melakukan itu maka kalian sudah tau kan kalau adsense itu kejam hehe PHK balasannya hehehe. kecuali kalian sendiri yang sudah bosen bekerja sama dengan GA.

dengan adanya aktifitas tidak valid itulah maka adsense akan mengurangi nilai kliknya atau bahkan akan mengembalikan ke saldo awal sebelum ada klik.

sekedar share aja, jika kalian pernah menjumpai klik iklan dan saldo kalian bertambah, tapi selang beberapa saat saldo berkurang lagi, maka itu tandanya ada invalid klik atau klik mencurigakan.

Terlalu Banyak Visitor Unorganik/ Tidak Alami

 

terlalu sering share ke medsos memang secara logika akan meningkatkan pengunjung blog dalam seketika, namun sebenarnya cara ini kurang bagus untuk seo dan juga untuk perkembangan blog. tentunya juga untuk blog adsense

seringnya share ke medsos akan mengakibatkan aktivitas spam karena visitor datang tidak alami dari mesin pencari. dan begitu kita berhenti share maka visitor akan turun drastis. tentu ini akan menimbulkan kecurigaan oleh google.

apakah tidak boleh share medsos? boleh saja asalkan tidak berlebihan. mungkin cukup satu kali dalam sehari. biasanya sih kalau saya share sekali setiap sehabis bikin postingan. itupun share G+ bukan yang lainnya. karena G+ milik google dan justru bagus untuk seo.

sedangkan untuk share ke medsos lain seperti facebook, saya menggunakan fanspage sebagai tamengnya. karena panspage sendiri sebagai tameng agar tidak terbaca spam oleh google. kenapa? karena fanspage adalah jalur yang benar untuk share artikel. itulah salah satu fungsi fp.

bisa browsing saya tidak akan menjelaskan hal ini, karena ini juga masih ilmu baru bagi saya.

kemudian kaitannya dengan nilai klik iklan adsense adalah, karena pengunjung blog tidak alami maka sasaran iklan juga tidak maximal. paham tidak? oke lanjut

contoh, jika kalian browsing dengan kata kunci cara membuat iklan dan blog yang kalian buka terdapat iklan tentang cara buat iklan, maka itu namanya pengunjung yang tertarget oleh pengiklan. sehingga iklan mahal.

tapi contoh kedua, kalian share artikel cara buat iklan di medsos dan orang yang klik artikel itu sebenarnya hanya penasaran saja tanpa ada niat sebelumnya untuk membuat iklan. dan ketika di buka blognya berisi cara buat iklan. sekalipun iklan di klik maka harganya kecil karena pengunjungnya bukan pengunjung tertarget atau pengunjung yang diharapkan.

maka dari itu usahakan mendapatkan pengunjung alami saja demi kemajuan blog kalian.

Iklan Yang Relevan Dengan Artikel 

 

yang terakhir adalah kerelevanan artikle dengan iklan, sebenarnya hampir sama dengan point diatas. ketika pengunjung yang datang disuguhkan dengan iklan yang tidak nyambung dengan isi otak pengunjung, maka ini juga pengunjung tak tertarget

bedanya adalah pengunjung ini berasal dari mesin pencari bukan dari sosmed.

lantas kenapa kok iklan tidak sesuai dengan artikle? ini dikarenakan stok iklan sedikit sehingga yang dimunculkan adalah iklan seadanya. faktor lain adalah karena blog kalian merupakan blog dengan tema campuran atau gado gado. sehingga iklan juga gado gado hehe.

solusinya adalah buatlah blog dengan satu tema tertentu yang kalian sukai. tapi saya sendiri juga gado gado dengan alasan tidak memiliki keahlian khusus alias pengetahuan gado gado juga hehe.

sekian dulu penjelasan tentang penyebab nilai klik iklan adsense rendah di blog, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar