follow us

Mengenal Macam Macam Iklan Google Adsense


Mengenal Macam Macam Iklan Google Adsense. Dari beberapa unit iklan adsense yang tersedia di dasboard adsense, apakah kalian sudah pernah mencobanya semua? Atau justru tidak pernah tau karena kalian belum menjadi publisher adsense dan tidak punya akun adsense?

Baiklah, kali ini saya akan menjelaskan macam macam iklan google adsense yang tersedia di dasboard adsense yang bisa kita coba terapkan di blog kesangan kita.

Bagi blogger pemula yang masih belum keterima menjadi publisher adsense tetap semangat ya, dan tidak ada salahnya kalian ikut menyimak. Siapa tau kelak kalian juga menjadi salah satu dari publisher google adsense.

Pada dasarnya iklan adsense terbagi menjadi beberapa macam, yaitu iklan text dan gambar, iklan in article, iklan in feed, dan iklan khusus tampilan mobile iklan page level ads

Iklan jenis text dan gambar adalah iklan yang paling sering digunakan dan kita jumpai di beberapa blog, ini merupakan iklan yang yang sudah ada sejak lama. Sedangkan iklan in article dan iklan in feed merupakan iklan terbaru dari hasil pengembangan adsense.

Sebenarnya dari semua jenis iklan yang ada, mempunyai fungsi yang sama yaitu sama sama menayangkan iklan di blog. Hanya saja yang membedakan adalah dari segi tampilandan penempatanya.

Kita sering menjumpai iklan berupa gambar banner, iklan text saja, dan iklan yang berupa menu tautan atau link. Itu merupakan iklan dari segi tampilannya.

Lebih jelasnya kita bahas satu persatu dibawah ini.


Iklan Text Dan Gambar/ text and display ads


iklan jenis ini adalah iklan yang paling banyak macamnya, jika dilihat dari ukurannya, iklan text dan gambar ini mempunyai banyak pilihan. adapun ukuran iklan yang tersedia yaitu:
  1. iklan horizontal banner/ spanduk horizontal : iklan ukuran 728 x 90, ukuran 320 x 100, ukuran 970 x 250, ukuran 468 x 60,  ukuran 320 x 50, ukuran 234 x 60
  2. iklan vertical/ spanduk tegak : ukuran 300 x 600, ukuran 300 x 1050, ukuran 160 x 600, ukuran 120 x 600, ukuran 120 x 240
  3. iklan rectangular/ persegi panjang : ukuran 336 x 280, ukuran 300 x 250, ukuran 250 x 250, ukuran 200 x 200, ukuran 180 x 150
  4. iklan responsif : iklan ini adalah iklan yang bisa menyesuaikan ukuran space yang tersedia di blog tanpa pusing memilih ukuran iklannya.
  5. iklan link/ tautan: ukuran responsif atau otomatis, ukuran 728 x 15, ukuran 468 x 15, ukuran 200 x 90, ukuran 180 x 90
dari sekian banyaknya pilihan iklan berdasarkan ukurannya, maka kalian tidak perlu memasangnya semua hehe. cukup pasang saja 3-4 unit saja. kalau saya biasanya menggunakan unit ukuran 336 x 280, 300 x 250, 728 x 90 dan responsif.

jangan lupa untuk selalu memilih iklan tipe text dan gambar ya, jangan hanya memilih tipe text saja atau gambar saja. ini agar stok iklan yang akan tampil di blog kalian banyak. karena sangat berpengaruh terhadap nilai klik iklan BPK/CPC.

Baca Juga: Faktor Penyebab Nilai Klik Iklan Adsense Rendah


Iklan In Article/ In-Article Ads


iklan jenis yang ini merupakan iklan model terbaru dari adsense setelah dilakukan pengembangan. jujur saya sangat suka sekali menggunakan iklan jenis ini. iklan ini di design oleh adsense khusus untuk ditempatkan didalam artikel sesuai namanya.
iklan ini sekilas bisa menyerupai tampilan tumbnail suatu postingan, yang terdiri dari gambar dan cuplikan singkat text dari pengiklan.

iklan in article ini sangat cocok ditempatkan di awal postingan atau di akhir postingan. jadi seakan akan seperti next post gitu deh. karena pada iklan ini terdapat tombol Baca selengkapnya.

sehingga dengan iklan ini pembaca blog kalian tidak merasa terganggu karena kesan iklan tidak mencolok dan bahkan mereka menganggap iklan ini sebagian dari bagian postingan hehe.

Iklan In Feed/ In-Feed Ads


iklan selanjutnya adalah iklan in feed, iklan ini secara tampilan hampir sama denga iklan in article. yang membedakan iklan in feed dan in article adalah penempatan iklannya.

iklan ini di design untuk ditempatkan di home page suatu blog/ di feed. feed ini bisa berupa popular post atau recent post dan yang semisalnya.
tentu kalian sudah pernah melihat blog orang lain yang di halaman berandanya terdapat iklan di sela sela daftar postingan dan designnya pun sama menyerupai tumbnail suatu postingan kan? itulah yang dinamakan iklan in feed.

pada iklan jenis ini kalian harus mengatur terlebih dahulu tampilannya agar bisa sama persis menyerupai tumbnail postingan kalian di home page. ada 4 pilihan design yang disediakan kalian tinggal pilih mana yang paling menyerupai tampilan tumbnail dari postingan kalian di home page.


Iklan Page Level Ads/ Iklan Khusus Tampilan Mobile


iklan yang terakhir ini adalah iklan yang khusus untuk ditampilkan di handphone/mobile kelas atas. biasanya handphone yang memiliki layar besar.
iklan ini mempunya dua macam yaitu iklan overlay dan iklan vinyet. iklan overlay dia akan tampil di atas atau dibagian bawah layar Hp. iklan ini bisa diminimize dengan mudah. sedangkan iklan vinyet akan tampil secara penuh di layar sebelum kita dibawa pada isi artikil yang kita klik.

iklan jenis ini memang sangat cocok untuk tampilan mobile, dan sangat berpotensi mendatangkan klik karena iklan terletak di tepi bawah tempat jari kita scrool layar hp ke atas dan kebawah hehe

itulah beberapa macam dan jenis iklan adsense yang tersedia di dasboard. silahkan kalian pilih sendiri sesuai keinginan dan sesuai design template kalian masing masing. sekian dulu artikel tentan macam macam iklan google adsense dari saya, selamat mencoba dan berhasil

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar