follow us

Cara Mengatasi Kesalahan Perayapan Di Webmaster


Cara Mengatasi Kesalahan Perayapan Di Webmaster. untuk kepentingan seo, google telah memberi fasilitas untuk pemain blog agar tetap bisa memantau perkembangan seo dan juga traffict blog. tapi sayangnya masih banyak yang menyepelekan fasilitas dari google ini.

fasilitas yang diberikan google ini bernama webmaster tools, dan bisa diakses secara gratis bagi siapapun pemain blog di dunia ini. tool ini sangat banyak manfaatnya bagi blogger, karena bisa memantau perkembangan seo blog tersebut.

segala laporan yang berkaitan dengan seo seperti kesalahan perayapan, artkel yang di index dan juga laporan kesalahan yang lain akan di tampilkan disini. sehingga pemilik blog dengan mudah membenahi kesalahan apa saja yang ditampilkan disana.

nah pada artikel yang saya tulis kali ini, saya akan share salah satu cara mengatasi kesalahan perayapan yang ada di laporan webmaster tool.

kesalahan perayapan ini harus segera ditangani dengan baik dan benar agar blog yang dikelola tidak mengalami penurunan seo yang berujung dengan penurunan traffict juga.

kita tau bahwa dengan kualitas seo yang buruk akan menurunkan traffict blog. karena artikel yang kita buat akan melorot dihasil pencarian google. sehingga pengunjung tidak bisa menemukan artikel kita tersebut.

yang paling ditakutkan adalah artikel yang kita buat ternyata tidak bisa ditemukan oleh mesin pencari, entah karena artikel sudah dihapus atau artikel dialihkan ke url lain.

sehingga artikel yang tidak bisa ditemukan ini akan terbaca sebagai kesalahan perayapan atau error 404. dan semua laporan kesalahan ini bisa kalian lihat di dasboard webmaster. tepatnya di bagian menu perayapan.

nah agar kita tidak kehilangan visitor, maka penting sekali segera mengatasi kesalahan error yang ada di laporan webmaster. adapun caranya silahkan simak penjelasan berikut.

Baca Juga: cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool

  1. masuk ke webmaster tool dan lakukan login dengan akun googel yang kalian gunakan untuk ngeblog.
  2. pilih property/blog yang ingin kalian perbaiki/optimalkan
  3. setelah memilih blog yang ingin di optimalkan, akan ada beberapa tampilan laporan. kesalahan perayapan, traffict analitic dan peta situs.
  4. pilih kesalahan perayapan/url seperti gambar di atas postingan ini.
  5. jika ada kesalahan, maka ada tampilan daftar url yang bermasalah. silahkan copy satu persatu url tadi
  6. masuk ke menu hapus url yang ada di menu navigasi bagian kiri. lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
  7. setelah masuk ke menu hapus url seperti gambar diatas, kalian pastekan url yang tadi sudah di copy di laporan kesalahan url seperti point no 5.dan tekan tombol teruskan. maka akan muncul tampilan seperti ini
  8. ada beberapa pilihan. untuk menghapus dari mesin pencari pilih yang sembunyikan halaman dari hasil penelusuran dan hapus dari chace. lalu kirim permintaan.
  9. sampai disini langkah penghapusan kesalahan perayapan sudah selesai. dan tinggal tunggu beberapa hari maka laporan kesalahan di dasboard webmaster akan hilang. lakukan hal yang sama jika kemudian hari ada error seperti ini.

cara diatas adalah agar url yang error bisa dihapus dari mesin pencari dan tidak terbaca sebagai error lagi. jika dibiarkan tidak dihapus maka mesin selamanya tetap akan membacanya sebagai error.

error seperti diatas biasanya akan muncul ketika postingan dari blog kita sudah tidak aktif alias dihapus. tapi kita tidak memberitahukan mesin bahwa kita telah menghapusnya. sehingga mesin mengira artikel tersebut masih ada namun error.

sebaiknya jika kalian melakukan penghapusan terhadap postingan kalian juga harus menghapusnya dari mesin juga. agar mesin tidak membaca sebagai errror.

perlu diketahui bahwa error seperti itu tidak hanya karena postingan telah dihapus, tapi terkadang juga karena ada komentar di blog yang kita hapus, perubahan alamat url postingan dan yang lainnya.

jadi saran saya, jika kalian menghapus url apapun itu di blog kalian, kalian harus menghapusnya juga dari mesin pencari seperti yang saya jelaskan diatas.

jika kalian tidak ingin menghapusnya dari mesin pencari, maka langkah lain yang bisa dilakukan adalah, membuat artikel baru yang sama dengan url artikel yang sudah dihapus tadi. dengan begitu google akan bisa menemukan artikelnya.

itulah penjelasan cara mengatasi kesalahan perayapan di webmaster tool. semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang mengalaminnya.

jika ada yang kurang jelas dari penjelasan saya diatas, jangan sungkan untuk meninggalkan coretan kalian di kolom komentar dibawah ini. jika kalian suka dengan artikel ini silahkan tekan tombol share yang sudah disediakan hehe. googd luck, salam blogger !

    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar