follow us

Cara Menghitung Dan Menentukan Masa Subur Pada Wanita


Cara Menghitung Dan Menentukan Masa Subur Pada Wanita. masa subur ialah dimana sel telur pada wanita telah matang dan siap dilepaskan untuk dibuahi oleh sel sper*a laki-laki. jika kita merupakan pasutri atau pasangan suami istri, maka menentukan masa subur sangatlah penting.

masa subur ini biasanya digunakan oleh pasutri untuk merencanakan program hamil demi mendapatkan momongan atau sang buah hati mereka. karena pada umumnya, masa subur pada wanita hanya berlangsung sekitar satu minggu.

berbeda dengan laki-laki yang bisa mengeluarkan sper*a kapan saja untuk membuahi sel telur wanita. sedangkan pada perempuan sel telur hanya siap dilepaskan ketika masa subur saja alias ketika sel telur itu sudah matang.

sel sper*a pada laki-laki yang sudah dikeluarkan bisa bertahan hingga 48 jam. sedangkan sel telur pada wanita yang sudah terlepas dari indung telur hanya bisa bertahan sekitar 24 jam untuk dibuahi.

sehingga dengan kondisi sel telur pada wanita yang hanya matang dan siap dibuahi pada waktu tertentu inilah yang akhirnya perlu yang namanya menghitung masa subur. sehingga ketika pasangan suami istri melakukan hubungan percintaan dimasa subur tersebut, kemungkinan terjadi pembuahan dan kemailan sangat besar.

baiklah sekarang kita lanjutkan cara menghitung masa subur pada wanita dibawah ini.

Baca Juga: 5 Tips Agar Terhindar Dari Sakit Perut


Rumus Masa Subur Pada Wanita


masa subur pada wanita pada umumnya jatuh pada hari ke-11 sampai hari ke-17 terhitung dari awal menstruasi. atau lebih gampangnya perhatikann rumus dibawah ini.

masa subur: tanggal menstruasi + 10 hari

contoh: jika anda tiap bulannya menstruasi pada tanngal 10 dan selesai pada tanggal 17, atau menstruasi selama 7 hari/satu minggu, maka cara menghitung masa suburnya adalah 11 hari kedepan terhitung dari tanggal 10 maka masa subur akan jatuh pada tanggal 20 samapi tanggal 26.

atau kita hitung menggunakan rumus diatas masa subur= tanggal 10+10hari=20.

berarti dari rumus diatas kita bisa tarik hasil bahwa masa suburnya jatuh berkisar tanggal 20-26. ini merupakan kisaran masa subur pada wanita dimana sel telur biasanya sudah matang, sedangkan sel telur akan dilepaskan dari indung telur biasanya berkisaran hari ke-13 sampai hari ke-14 (2hari).

maka dari itu banyak dokter menyarankan untuk berhubungan dimulai dari 3 hari sebelum sampai 3 hari sesudah sel telur di keluarkan. maka totalnya adalah satu minggu.

jadi jika masa subur diatas jatuh pada tanggal 20-26. kemungkinan sel telur akan dikeluarkan dari indung pada tanggal 22 dan 23. tapi untuk berhubungan tetap dumulai dari tanggal 20-26 atau seminggu. karena kita tidak tau pastinya sel telur itu akan keluar. jadi ini adalah perkiraan.

dengan kita mengetahui kisaran masa subur tersebut, bisa memudahkan pasangan suami istri untuk menentukan waktu bercinta/berhubungan/making l*ve bahasa kerennya hehe.

Menentukan Waktu Bercinta/Berhubungan


berhubungan yang baik dan disarankan oleh banyak dokter adalah setiap 2 hari sekali. jadi jika berdasarkan contoh diatas yang masa suburnya jatuh pada tanggal 20-26, maka waktu bercinta yang disarankan adalah pada tanggal 20, 22,24,26. dan dilakukan selama dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam hari.

kenapa harus 2 hari sekali? kenapa tidak tiap hari? baik jadi begini, sekalipun laki-laki bisa mengeluarkan sper*a setiap hari dan kapan saja, tapi kualitas sper*a yang benar benar baik dan siap untuk membuahi adalah sper*a yang sudah berumur setidaknya 48 jam.

jadi jika hubungan dilakukan setiap hari bisa saja namun sel sper*a yang dikeluarkan oleh laki-laki kualitasnya tidak bagus. biasanya sper*a yang dikeluarkan setiap hari akan encer tidak kental. ini menandakan kualitas sper*a kurang bagus untuk siapa membuahi.

dengan rumus 2hari sekali ini tujuannya agar laki laki cukup waktu untuk mengeluarkan sper*a yang benar benar dalam kondisi baik dan siap membuahi.

sel sper*a yang tidak sehat, encer dan yang lainnya biasanya tidak akan mampu membuahi sel telur. ini karena sper*a akan mati terlebih dulu sebelum bisa sampai bertemu dengan sel telur. apalagi sper*a hanya bisa bertahan kurang lebih 48 jam. jika kondisi sper*a tidak baik tentunya tidak sampai 48 jam akan gugur.

Tips Selama Melakukan Program Hamil


salah satu yang bisa dilakukan selama menjalankan program hamil terutama saat masa masa subur adalah:


  1. perbanyak makan makanan sehat yang mengandung vitamin komplek baik wanita dan laki-laki. vitamin komplek banyak dijumpai di apotik.
  2. perbanyak makan kacang hijau atau togek yang terbukti bisa meningkatkan kualitas sper*a. bagi perempuan ini juga bisa dilakukan.
  3. istirahat yang cukup, tidak begadang, tidak terlalu kecapean, tidak stress.


itulah tadi diatas cara menghitung dan menentukan masa subur pada wanita. semoga bagi pasutri yang sudah menantikan buah hatinya bisa benar benar berhasil dengan mengikuti cara dan tips diatas. sekian terimakasih sudah berkunjung. jangan lupa share jika kalian suka artikel ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar