follow us

Inilah Perbedaan Antara Tongsis Dan Tongtol


Inilah Perbedaan Antara Tongsis Dan Tongtol. Berawal dari kebijakan pemerintah indonesia mengenai GNNT atau Gerakan Natioanl Non Tunai, banyak sistem pembayaran yang mulai berubah di masyarakat.

salah satunya yang lagi digembor-gemborkan adalah pembayaran tol yang mengharuskan menggunakan elektronik paymen atau e_tol card atau UNIK singkatan dari uang elektronik.

bagi yang sudah sering lewat jalan tol pasti sudah paham sistem pembayaran tol ini. sebelum ada kebijakan mengenai GNNT, pengguna tol bisa melakukan pembayaran tol menggunakan cash/tunai maupun e_tol.


semenjak peraturan ini ditetapkan, pembayaran tol digembor gemborkan harus menggunakan e_tol card. karena untuk jabodetabek mulai ahir oktober 2017 sudah tidak melayani pembayaran tunai. sedangkan luar jabodetabek mulai 1 oktober 2017 salah satunya adalah jalan tol balimandara (denpasar bali).

lantas apa hubungannya dengan tongsis dan tongtol? hehe sebenarnya emang gak nyambung tapi ada kaitannya, penasaran kan? oke lanjut nyimaknya sampai habis ya hehe

sebelumnya pernah ngetrend istilah tongsis atau tongkat exis buat selfie foto gitu, pasti sudah pada ngeh kan? banyak orang yang sukan bermain sosmed menggunakan ini hanya sekedar untuk berfoto dan membagikannya ke sosmed.

mungkin anda adalah salah satu orangnya hehe. tapi beda halnya dengan tongtol, tongtol singkatan dari tongkat tol yang ahir ahir ini lagi ngetrend semenjak diberlakukan pembayaran tol menggunakan e_tol.

Baca Juga: Mulai Oktober 2017 Seluruh Tol Di Indonesia Tidak Melayani Pembayaran Tunai

ingat ya kawan namanya Tongtol kepanjangan dari Tongkat tol. awas jangan sampai salah ucap ya? sekai lagi Tongtol bukan yang lainnya hehe. kalau salah bisa berabe nanti jadi kont** hahaha

fungsi dari tongtol ini adalah untuk membantu pengguna jalan tol membayar tol dengan e_tol agar lebih cepat tanpa keluar mobil untuk menempelkan kartu e_tol.

nah tongkat tol ini hampir sama bentuknya dengan pemukul nyamuk namun di design untuk menyelipkan kartu e_tol. sehingga ketika bayar tol menggunakan kartu tinggal di tempelkan menggunakan tongkat ini tanpa harus keluar mobil.

gimana keren dan lucu kan? hehe maklum tekhnologi tol indonesia memang masih kalah jauh dengan di luar negeri. yang ada sensor untuk membayar tol otomatis dari dalam mobil. tapi harganya mahal mungkin karena ini di indonesia belum bisa diterapkan.

nah  walaupun simple dan lucu tapi saya rasa ini sangat bermanfaat, karena fungsi e_tol itu agar pembayaran jadi cepat dan bebas dari ngantri alias macet. tapi kalau mau nempel kartu harus turun mobil kan sama aja lama?

dengan bantuqan Tongtol ini kita bisa mengatasi tempel kartu manual sewaktu mau bayar tol. sekarang alat ini sudah mulai banyak di jual sama halnya dengan tongsis. bisa cari di google ya.

itulah sedikit ulasan mengenai Tongtol, jadi kesimpulannya adalah:
  • tongtol buat alat bayar tol, sedangkan tongsis buat foto selfie cekipret gitu :)
  • tongtol buat jepit e_tol card, e_money dan lainnya. sedangkan tongsis buat jepit handphone
  • tongsis harganya lebih mahal karena alat tekhnologi. sedangkan tongtol hanya tongkat plastik biasah tanpa kabel dan apalah apalah itu
demikianlah artikel yang bisa saya tulis hari ini mengenai perbedaan antara tongsis dan tongtol. semoga bermanfaat bagi pengguna tol. jangan lupa share ke teman yang lain bila dirasa bermanfaat. terimakasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar