follow us

Mulai Oktober 2017 Seluruh Jalan Tol Di Indonesia Tidak Melayani Pembayaran Tunai


Mulai Oktober 2017 Seluruh Jalan Tol Di Indonesia Tidak Melayani Pembayaran Tunai. Baru baru ini pemerintahan di indonesia sedang mengeluarkan kebijakan baru mengenai Gerakan National Non Tunai.

kebijakan yang satu ini adalah sebagai langkah dalam mengurangi peredaran uang fisik di masyarakat, terutama uang pecahan kecil dan uang koin atau uang logam atau uang recehan.

kita tahu bahwa pembuatan uang di indonesia adalah dibawah Bank Indonesia, dan tentunya kebijakan ini tidak serta merta dibuat melainkan sudah ada pembicaraan antara pemerintah dan pihak bank.

Apa Manfaat Dari Penggunaan Uang Elektronik?


mungkin ada yang bertanya, sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat dari kebijakan GNNT ini? sebelumnya kita sudah tau bahwa di indonesia penggunaan uang tunai masih terbilang besar dibandingkan dengan negara negara lain di dunia.

sehingga keadaan ini banyak dimanfaatkan oleh para penjahat dalam tindakan penipuan, pencurian, bahkan yang paling parah adalah tindakan pemalsuan uang itu sendiri.

makanya ahir ahir semua jenis uang yang beredar di masyarakat diperbarui dari segi tampilan percetakannya. mulai dari nominal 1000 sampai yang paling besar 100rb. itu dilakukan karena uang cetakan lama sudah banyak dipalsukan.

adapun dibawah ini adalah beberapa manfaat dari kebijakan GNNT atau penggunaan dari uang elektronik.
  1. keamanan dalam bertransaksi, menggunakan uang elektronik lebih aman dibandingkan membawa uang tunai dalam dompet. uang tunai jika hilang ya hilang, sedangkan uang elektronik jika hilang kemungkinan besar uang didalamnya masih aman
  2. menghemat biaya percetakan uang itu sendiri
  3. lebih cepat dan efisien dalam bertransaksi, contoh jika menggunakan uang tunai kita sering menunggu uang kembalian, belum lagi kalau penjual tidak punya kembalian. sedangkan uang elektronik tidak akan terjadi semacam ini.
  4. menghindari pemalsuan uang
  5. menghindari tindakan kejahatan seperti pencurian uang
  6. membiasakan masyarakat untuk bertransaksi aman menggunakan kartu dan mengikuti perkembangan tekhnologi
  7. dan masih banyak yang lainnya.
diatas adalah sekilas tentang perkenalan uang elektronik dan juga tentang GNNT gerakan national non tunai.

 dan berkaitan dengan kebijakan diatas, salah satu perusahaan besar BUMN yang bergerak di bidang jalan tol juga membuat kebijakan agar transaksi pembayaran tol hanya dilakukan dengan menggunakan uang elektronik UNIK. ini adalah langkah dalam mendukung kebijakan pemerintah diatas.

Kapan Diberlakukan Pembayaran Tol Mengguanakan Uang Elektronik? 

berdasarkan informasi yang saya dapatkan, kebijakan bayar tol menggunakan kartu elektronik atau UNIK ini akan mulai diberlakukan mulai ahir oktober 2017 untuk wilayah tol JABODETABEK. dan mulai awal oktober 2017 untuk luar jabodetabek seperti jalan tol bali mandara di denpasar bali.

dalam hal ini jalan tol bali mandara di denpasar bali adalah jalan tol yang pertama akan menerapkan pembayaran UNIK ini dan sekarang sudah mulai dilakukan ujicoba.

bagi yang pernah ke bali dan masuk tol ini maka akan tau perubahannya, yang dulunya gerbang tol otomatis GTO hanya ada 2 gardu, sekarang full GTO. ini sebagai persiapan karena awal oktober mendatang sudah tidak melayani pembayaran tunai lagi. semua transaksi menggunakan uang elektronik.

dan ini juga berlaku untuk gerbang tol khusus sepeda motor juga, jadi semua gardu tol baik itu untuk roda 4 maupun roda 2 semua harus mengguanakan UNIK untuk pembayaran.

Bagaimana Cara Mendapatkan UNIK Atau Kartu Elektronik?


jalan tol sendiri telah bekerjasama dengan beberapa bank lokal di indonesia, seperti Bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, Bank daerah setempat.

untuk pengguna Bank BCA pembayaran tol bisa dilakukan dengan menggunakan UNIK atau uang elektronik keluaran BCA yang bernama kartu FLASH.

untuk pengguna Bank BRI bisa menggunakan kartu UNIK keluaran Bank BRI yang bernama kartu BRIZZI.

dan pengguna Bank BNI bisa menggunakan kartu milik BNI yang bernama kartu TAPCASH

sedangkan untuk pengguna Bank Mandiri bisa menggunakan kartu keluaran Mandiri yang bernama kartu E_monye dan juga kartu E_toll card.

selain itu juga ada bank daerah masing2 (ini hanya bank daerah yang bekerja sama dengan tol, tidak semua bang daerah bisa digunakan. bisa ditanyakan ke customer service tol terkait).

diatas adalah beberapa bank lokal yang bekerjasama dengan tol. nah untuk mendapatkan kartu diatas ada beberapa opsi pilihan dibawah ini
  • membuatnya langsung di Bank terkait
  • membeli di supermarket seperti indomart, alfamart, cocomart, circle key dan yang lain (tiap perusahaan tol berbeda  beda. bisa ditanyakan di tol terkait)
  • membeli langsung di kantor unit tol terkait (biasanya menyediakan)


Bagaimana Cara TOPUP Atau Isi Ulang Kartu UNIK?


untuk pengisian ulang saldo kartu, bisa dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini. pilih salah satu yang menurut anda paling cepat dan nyaman.
  1. isi ulang saldo lewat ATM sama seperti beli pulsa lewat ATM untuk lebih detailnya bisa ditanyakan ke bank penyedia kartu.
  2. topup atau isi ulang saldo lewat indomart, alfamart, dan yang bekerjasama dengan penyedia kartu tersebut.
  3. menggunakan mesin EDC yang disediakan oleh penyedia kartu. biasanya mesin ini disediakan di bank, kantor operasional tol, dan di gerbang tol. (setiap tol berbeda beda)

Tips Cepat Bayar Tol 


untuk kalian yang sudah menggunakan UNIK atau uang elektronik atau kartu tol, ini adalah sedikit tips dari saya agar pembayaran menggunakan kartu bisa lebih cepat.

ahir ahir ini telah beredar alat yang bernama TONGTOL singkatan dari tongkat tol. alat ini berfungsi sebagai alat menempelkan kartu tol ke mesin transaksi. dengan menggunakan alat ini kalian tidak perlu turun mobil untuk menemplekan kartu tol.

untuk lebih jelasnya bisa dibaca di artikel saya sebelumnya

Baca Juga: Inilah Perbedaan Anatara Tongsis Dan Tongtol


baiklah mungkin hanya itu yang bisa saya tulis dalam kesempatan kali ini. mudah mudahan artikel saya ini yang berjudul Mulai Oktober 2017 Seluruh Jalan Tol Di Indonesia Tidak Melayani Pembayaran Tunai. bisa bermanfaat bagi kalian pengguna jasa tol.

silahkan bantu share kepada yang lain jika artikel yang saya tulis ini anda nilai bermanfaat, terimakasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar