follow us

Cara Mengatasi Komentar Spam Di Blog Yang Benar

Dalam dunia perbloggeran menyematkan atau memberi komentar pada suatu postingan adalah hal yang wajar bahkan bisa dibilang hal biasa.  Kita tau bahwa antar blogger ada budaya yang disebut blog walking mereka sering menyingkatnya BW. Blog walking sendiri tujuannya adalah saling kunjung atau bermain di blog sahabat. Tapi tidak sedikit dari para blogger justru memberi komentar spam di blog dengan cara meninggalkan link aktif blog mereka dalam suatu komentar dengan niatan agar bisa dikunjungi balik.

Biasanya ini dilakukan oleh para blogger pemula yang ingin mendapatkan visitor secara instan. Mungkin mereka belum paham bahwa tindakan mereka menyebar link aktif dalam komentar disana sini justru dianggap sebagai tindakan spam oleh google dan justru dampak komentar spam ini tidak bagus bagi SEO blog mereka.

CATATAN: Dalam blogwalking sebenarnya tidak perlu meninggalkan link aktif hanya karena ingin dikunjungi balik. Apalagi ada embel2 BW balik ya gan dll. Ini mengingatkan saya pada postingan milik sahabat saya yang bernama mas Yanto Cungkup beliau pernah menulis artikel berjudul BW dan komentar relevan nanti di back Bagi blogger pemula seperti saya yang ingin tau bagaimana cara BW yang benar bisa baca artikel beliau disini.

Lantas bagaimana dengan pemilik blog yang dikomentari? Tentu ini juga berdampak buruk karena dengan banyaknya komentar spam google menilai bahwa blog tersebut tidaklah berkualitas. Belum lagi kita tidak tau link tersebut mengarah kemana, andaikan mengarah ke situs yg melanggar tos google kan berabe. Blog yang berkualitas adalah blog yang memiliki komentar relevan dengan topik postingan. Bukan blog yang dijadikan ajang iklan.
BACA JUGA: 100+ tips dan trik seo terbaik 2017 untuk meningkatkan pengunjung blog

Jadi kesimpulannya untuk mempertahankan kualitas SEO blog, sangatlah penting untuk mendapatkan komentar yang relevan dan sebisa mungkin meniadakan komentar spam. Adapun cara mengatasi komenta spam di blog, admin akan share tips nya dibawah ini.

A. Menggunakan Moderasi Komentar di Pengaturan Blog.

Cara ini adalah cara yang paling aman untuk menghindari spam komen di blog. Karena komentar tidak dipublikasikan secara otomatis. Sehingga kita bisa memilah mana yang spam mana yang relevan di menu komentar dasbord. Admin sendiri menggunakan cara ini. Adapun caranya sebagai berikut.
1. Pada dasboard pilih menu setting/pengaturan
2. Pilih menu komentar
3. Moderasi komentar pilih selalu/always
4. Save pengaturan

B. Tandai Sebagai Komentar Spam Pada Komentar yang Terdapat Ling Aktif.


Cara yang satu ini bisa dilakukan apabila pengaturan komentar tidak dimoderasi seperti diatas. Artinya ketika ada komentar spam diblog maka secara otomatis akan dipublikasikan karena memang tidak dimoderasi. Namun masih bisa diatasi dengan cara ditandai sebagai komentar spam sehingga tidak terdeteksi oleh google. Caranya sebagai berikut
1. Cari komentar spam pada blog
2. Biasanya ada beberapa pilihan, diantaranya replay, delete dan spam. Pilih yang spam. 
3. Maka otomatis komentar spam tersebut akan hilang dan masuk pada menu spam komentar di dasboard.

PENTING: jangan sekali2 memilih menu delete komentar. Ini berpengaruh pada SEO. Karena akan terjadi error di webmaster. Semua link aktif akan terbaca oleh sistem crawl google termasuk link aktif di komentar. Ketika link aktif di komentar dihapus maka yang terjadi adalah webmaster membacanya sebagai error. Terlalu banyak error tidak bagus untuk seo.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar