follow us

Hikmah dari sebuah kekurangan


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم


T ujuan utama Allah menciptakan manusia dan juga jin di dunia ini tidak ada lain ialah agar menyembah kepadaNya. namun tidak sedikit dari manusia terkadang lupa bahkan memang tidak percaya akan hal itu. tidak sedikit pula orang di bumi ini yang masih ragu akan keberadaan Allah apalagi mereka tidak bisa melihat secara langsung secara fisik. sehingga hal ini membuat banyak orang lupa tugas utama dirinya diciptakan di muka bumi ini. Allah menciptakan manusia dengan bermacam macam rupa, seperti yang kita tau bahwa ada yang berkulit putih ada yang berwarna sangat hitam ada pula yang sedang sedang kuning ataupun coklat. ini menandakan bahwa manusia diciptakan oleh Allah benar benar dengan kehendakNya. begitu juga Allah menciptakan manusia dengan kekurangan dan kelebihannya masing masing dengan tujuan agar bisa saling melengkapai antara satu dan yang lainnya. ada yang cantik ada yang sedang ada yang jelek ada yang  ada yang pintar ada yang tidak pintar. namun semua itu sebenarnya agar manusia bisa mengambil hikmah dari apa yang sudah allah berikan kepadanya. 

namun yang jadi masalah, kebanyakan orang tidak paham akan itu sehingga kita tau banyak orang yang tidak mensyukuri dari apa yang telah Allah berikan kepadanya. banyak orang dengan kekurangan yang ada pada dirinya menjadikan dirinya orang yang tidak bersyukur selalu menyalahkan Allah. mereka mengatakan bahwa allah tidak adil dan sebagainya. begitu juga denga orang yang memiliki kelebihan pada dirinya membuatnya menjadi orang yang sombong merasa sempurna sendiri bahkan meremehkan pada yang lainnya sudah jelas mereka lupa bahwa semua kekurangan dan kelebihan itu berasal dari allah dan Allah memberikan itu semua agar kita bisa mensyukuri apapun yang diberikanNya kepada kita semua.

dari fakta diatas bisa disimpulkan bahwa manusia tidak paham akan kelebihan maupun kekurangan yang allah berikan kepadanya. seperti cerita dibawah ini barang kali bisa membantu membuka mata hati kita sehingga bisa bermanfaat.

konon ada sebuah nenek tua yang tinggal di pedalaman desa. dengan kondisi fisik yang sudah tua renta. kesehariannya sang nenek ini mempunyai kebiasaan mengambil air dari sungai yang tidak begitu jauh dari rumahnya yang sederhana. setiap hari ia memikul air di pundaknya menggunakan dua wadah air yang terbuat dari tanah liat yang di talikan di sebuah alat pemikulnya. dua wadah ini tidaklah sama. satu wadah masih sempurna sedangkan wadah yang satunya sudah sedikit bocor sehingga air yang dibawanya banyak yang menetes sehingga wadah ini tidak bisa menampung banyak air.

kondisi seperti ini berlangsung setipa hari. air yang ditaruh pada wadah yang sempurna selalu penuh sesampai rumah namun wadah yang bocor hanya separuhnya saja air yang bisa tersisa. suatu hari sesampainya di sungai sang nenek ini berkata pada temannya. "badan saya sudah rusak karena air yang saya bawa banyak yang tumpah" maksudnya nenek ini adalah, dia telah dicapekkan karena gara gara wadah yang bocor seharusnya dia cukup satu kali mengambil air tapi dengan kondisi ini dia harus dua kali mengambil air di sungai. 

mendengan sang nenek berbicara seperti itu wadah yang sempurna dengan bangganya dia karena bisa menampung air banyak sedangkan wadah yang bocor dia sedih minder dan selalu menyalahkan dirinya. kemudian teman dari sang nenek menjawab. "tidakkah kau melihat bunga disepanjang jalan yang kamu lewati itu sama hijau dan berbunga indah bermacam macam wahai kawan? dengan tumpahan air dari wadahmu itu sehingga bunga itu tumbuh dan berkembang" 

mendengan jawaban dari temannya lalu sang nenek berfikir dan merenung bahwa ternyata apa yang dia sesalkan selama ini ternyata ada hikmahnya dan masih bermanfaat. akhirnya wadah yang bocor merasa tersanjung dan dia juga merasa bahwa kekurangan yang ada dirinya ternyata masih diperlukan oleh sekitar dirinya.

dari cerita dongeng inilah setidaknya kita bisa mengambil gambaran akan hikmah dari sebuah kekurangan dan juga kelebihan dari diri seseorang. jangan sampai kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita malah menjadikan kita jauh dari Allah. karena itu adalah ujian dan cobaan dari Allah sejauh mana kita sabar dan bisa mensyukurinya.

untuk itu bagi saudara saudara yang memiliki kekurangan maupun kelebihan janganlah bersombong dan juga berendah hati dan menyalahkan kehendak Allah. karena disisi lain dari itu Allah mempunyai niat lain agar orang tersebut berangan angan dan dan bersyukur terhadapNya. apalagi hidup didunia ini hanyalah semata ibaratkan orang numpang minum saja yang selanjutya kita akan kembali disisiNya.

semoga sepenggal nasehat ini bisa membuat hati kita terbuka dan sadar dan bisa kembali dijalan yang benar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar